Kekurangan Smartphone NRB (Non-Removable Battery)

Spesifikasi gadget terutama jenis smartphone yang satu ini sering tidak menjadi pertimbangan penting bagi kita dalam memilih gadget. Apakah itu? Ya betul sekali, batere, bagian yang merupakan ‘nyawa’ dari gadget.

Biasanya yang jadi perhatian kita berkaitan dengan batere ini adalah kapasitasnya. Mengenai apakah dia dapat di’copot’ atau tidak sangat jarang jadi masalah. Apalagi kalau memang gadgetnya itu berupa tablet🙂

Produsen smartphone biasanya mengeluarkan produk dengan batere yang dapat dilepas dan yang tidak dapat dilepas atau NRB(Non Removable Battery). Tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berhubung yang sering mengkhawatirkan adalah ‘kekurangan’, maka kita bahas mengenai kekurangan dari jenis NRB ini saja ya..

Rata-rata smartphone apalagi dengan aktifitas tinggi biasanya usia betere jadi lebih singkat, biasanya dua tahun. Pada masa-masa ini, mungkin kita belum harus mengganti batere karena masih bisa melakukan charging. Karena kan sudah punya power bank?! Bisa saja, tapi fungsi power bank itu sebenarnya untuk hal darurat. Akan buruk juga jika kamu dikondisikan ‘selalu dalam keadaan darurat’ khan?!

Akhirnya tiba pada masa kritis, batere sudah tidak mampu lagi digunakan, sementara ada beberapa data kamu yang belum atau tidak bisa dipindahkan dan disimpan secara online, misalnya koleksi majalah elektronik atau file-file yang hanya bisa dibuka dari aplikasinya seperti halaman yang tersimpan pada browser. Hal ini akan membuat ‘repot’ dan butuh biaya lagi untuk download ulang di gadget baru.
Tidak efektif dan efisien.

Di lain sisi terkadang secara spesifikasi dan fitur, smartphone tersebut sebenarnya masih dapat memenuhi semua kebutuhan kita tanpa perlu mengganti smartphonenya. Tapi karena sudah tidak bisa menyala tanpa memakai batere baru maka otomatis harus beli smartphone baru. Padahal solusi termudah dan murah sebenarnya adalah cukup mengganti baterenya.

Ada beberapa produsen yang menyediakan cara penggantian batere jenis NRB ini, tapi hanya bisa dilakukan orang tertentu. Sementara untuk batere yang removable, bisa dilakukan siapa saja.

Jadi kesimpulannya batere NRB itu tidak efisien dan efektif. Dan satu lagi, saat benar-benar baterenya tidak dapat berfungsi lagi maka seketika itu tamatlah riwayatnya. Alias ‘rongsokan’. Tidak bisa lagi melegenda. Tapi pilihan memang selalu kembali pada kebutuhan masing-masing, tergantung prioritasnya.

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: