Skema Free Float Bagi Investor Retail

Berdasarkan cuplikan dari berita TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –berikut “Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI)
masih terus menggodok aturan
batas minimal porsi saham yang
dimiliki publik dalam transaksi di
pasar reguler atau yang dikenal
dengan free float. Pihak BEI
berharap aturan tersebut akan
diselesaikan pada tahun ini. ”
(Selengkapnya di link http://m.tribunnews.com/bisnis/2013/08/23/bei-akan-tuntaskan-aturan-free-float-tahun-ini), sebagai masyarakat awam tentu suatu kebahagiaan dan ‘kehormatan’ jika diberi kesempatan oleh pemerintah untuk berperan serta sebagai investor di negeri tercinta ini, meskipun hanya small-cap.

Sebagai yang awam dan pemula, mungkin terlalu ruwet jika harus memahami terlebih dahulu apa itu skema free float dan detil2 istilah2 yang ada dalam setiap kebijakan untuk kemudian memutuskan melangkah. Tapi setelah by-pass ke intinya dengan membaca artikel pada link http://www.bankmandiri.co.id/article/312261278522.asp?article_id=312261278522, maka timbul (sedikit) rasa khawatir karena potensi ‘ledakan’ yang tersimpan he3x.

Tapi optimisme timbul (dgn kadar yg ‘lebih besar’ sedikit) setelah membaca dan ‘melihat’ apa yang tersirat dari pernyataan Pak Agus Marto di dalam artikel pada link http://id.berita.yahoo.com/bi-khawatir-dengan-utang-swasta-111037428.html. Eh koq bisa sih optimis padahal kan judul beritanya saja ada kata ‘khawatir’? Ya benar tapi tersirat dari ucapan pak Gub BI bahwa sebenarnya skema ‘ mengambang’ itu bisa di ‘hedging’ dengan ‘mengatur’ mekanisme lindung nilai. Artinya kontrol lindung nilainya ada pada ‘kontrak perjanjian’ saja. Artinya lagi, mekanisme tsb dapat dibuat semudah (mungkin) menuliskan kesepakatan2 di atas kertas pada umumnya. Artinya lagi (lagi) ada secercah harapan bagi investor retail untuk mendapatkan ‘keadilan dan perlindungan’ terhadap investasinya.

Kita doakan hasil akhir ‘godokan’ BEI menyehatkan bagi semua pihak. Sehingga investasi di negeri ini dapat didominasi investor lokal, sebagai pemeran utama tapi ngga pake ‘cuci piring orang ‘ he3x.

@@##
@@##
@@##
@@##
@@##

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: