Golden Rule Dalam Investasi Dan Bisnis

Ada beberapa hal penting yang merupakan golden rule dalam berinvestasi apapun, yang harus dipahami sblmnya, diantaranya:

1. Investasi apapun bisa menguntungkan atau merugikan, baik perhitungan jangka pendek maupun jangka panjang. Pahami karakteristik utama dari investasi tsb. Dan juga apakah sifatnya terhadap waktu merupakan penghasilan atau pengeluaran (materil maupun immateril).

2. Tiap investor memiliki profil yang berbeda, shg hanya diri sendiri yang paling tahu investasi yg cocok. Jadi seperti memilih pasangan hidup, yang terbaik adalah yang paling tepat bagi masing2. Hmm..shg lebih bisa meminimalisir resiko dan kejutan2nya.

3. Menetapkan tujuan dan alasan memilih bentuk investasi, shg bisa menyiapkan back up jika ada hal di luar kendali

4. Harus ada pasar yang menyerapnya baik jika ingin dilepas kepemilikannya maupun yang bersifat ‘antar waktu’. Karena kata praktisi bisnis dan investasi, waktu bisa adalah uang masuk atau uang keluar alias biaya. Jadi kenali karakter pasar yang menampung investasi itu. Cermati aturan mainnya, misalnya adakah syarat dan ketentuan khusus bagi produk dgn waktu produksi yang berbeda, terutama sistem buybacknya. Terutama jika menerjuni investasi yg retail. Jgn sampai hanya bagai tebu he3x

5. Jika memang masih pemula maka coba mulai dengan komposisi yang paling terukur berdasarkan kapasitas saat ini (ilmu, daya tahan thd resiko, dll). Selanjutnya langsung test daya serap pasar untuk tahu kondisi di lapangan (termasuk aturan main yg kadang belum ‘ketahuan’ kalau belum mengalami sendiri). Dan paralelkan dengan mencari tahu pengalaman orang lain. Jangan dulu fokus pada keuntungan, supaya dapat ‘mendeteksi dini’ investasi tsb sesuai atau tidak dan menentukan langkah selanjutnya.

6. Jangan lupa kalau investasi itu benar2 dapat di’simpul’kan setelah di’cair’kan alias dikonversi ke tunai. Kalau belum cair alias cash maka masih bersifat potensial. Kalau dalam kata ‘Peluang’ kan ada kata ‘uang’ juga. Nah hati2 dgn kata ‘potensial’ karena ada kata ‘potensi’ dan ‘sial’ he3. Belum jelas apakah untung atau rugi ‘di luar kertas’. Kata praktisi cash masih king.

Demikian juga dlm hal bisnis. Dirangkum dari pengalaman sendiri dan praktisi2 yang berbagi ilmunya.

Untuk sementara itu dulu ya, nanti kalau ada lagi yang golden akan dibagi di blog ini. Jadi ikuti terus artikelnya ya (karena sngt dinamis, saking dinamisnya revisi bisa berkali2 he3 serius dibalik canda, semoga bermanfaat ya…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: