Tren Warna Rumah dan Fungsi Ruang

Menjelang pergantian tahun, para pakar warna akan merilis warna yang bakal tren di tahun baru. Demikian pula warna yang diprediksi bakal tren pada properti baik exterior maupun interiornya.

Dengan adanya prediksi tahunan ini, apakah berarti rumah kita harus selalu mengikuti tren (biasanya internasional)? Sebenarnya tidak harus, semuanya kembali pada karakter pemiliknya karena rumah sebagai tempat hampir semua aktivitas kita berlangsung tentu harus memberikan rasa nyaman bagi penghuninya baik jangka pendek mapun jangka panjang.

Rumah kita dengan begitu banyak ruang dan fungsinya masing-masing memberi peluang untuk diberikan sentuhan kreatif yang sangat luas dengan memainkan warna dan “memadu-madankannya satu sama lain.

Mari kita analisa keserasian warna dengan fungsi ruang, berdasarkan warna-warna pelangi🙂.

Warna Merah
Warna ini sebagaimana warna darah sering digunakan untuk melambangkan gairah hidup, keberanian, dan menghidupkan suasana. Tapi ada juga yang mengidentikkan sebagai warna panas,api, yang jika terlalu banyak maka menimbulkan “sensasi” ingin marah, tensi tinggi, dll.

Dengan sifat dari warna merah ini, maka ada perbedaan dengan warna-warna lain dalam mengaplikasikannya pada rumah atau ruang yang ada. Warna ini sebaiknya jangan menjadi warna utama atau diterapkan secara ekstrim, tapi bagi yang sangat favorit dengan warna ini tetap bisa menggunakannya sebagai aksen pada dinding berwarna lain. Atau menggunakannya bersama dengan warna-warna gradasinya baik pada exterior maupun interior. Khusus untuk kamar tidur sebaiknya dihindari, baik dari segi lighting maupun warna dinding.

Warna Jingga
Warna yang dicontohkan oleh alam yang paling sering dijumpai misalnya pada wortel, jeruk,dll. Menggairahkan dan membangkitkan nafsu makan. Termasuk juga dalam kategori warna hangat. Sangat cocok sekali mendominasi ruang makan. Sebagai aksen pada dinding bernuansa coklat pun tidak kalah indahnya.

Warna Kuning
Ada yang meramalkan warna ini akan jadi tren(salah satu) di tahun 2013. Warna kuning ini menggambarkan kesegaran dan keceriaan. Biasanya anak-anak sangat menyukainya. Salah satu contoh yang diberikan alam adalah warna buah nanas yang sangat mengundang selera.

Karena efek yang ditimbulkan oleh warna kuning ini, maka sangat cocok diterapkan pada ruang makan, ruang tamu, ruang tidur, ataupun bagian luar rumah baik hanya sebagai aksen saja maupun warna utama. Khusus untuk ruang tidur karena lebih banyak digunakan pada malam hari maka sebaiknya tetap dipadukan dengan warna gradasinya atau warna lain yang lebih dingin, lembut, tenang, dsj.

Warna Hijau
Warna yang melambangkan kehidupan, kesehatan, kesegaran ini merupakan perpaduan dari warna kuning(warna panas) dengan warna biru(warna dingin). Dalam spektrum pelangi terletak ditengah. Mungkin sebagai penyeimbang. Alam pun didominasi warna hijau ini. Bahkan dicontohkan oleh alam warna ini bisa berpadu dengan warna apa saja. Coba kita perhatikan tumbuh-tumbuhan dan bunga beraneka warna dengan semuanya ( hampir )berdaun hijau.

Bagi yang favorit dengan warna ini, sangat bisa berkreasi menggunakan warna hijau dan berbagai turunannya. Cocok diterapkan baik pada ruang yang membutuhkan kehangatan maupun yang membutuhkan ketenangan.

Warna Biru
Warna langit yang begitu cerah.Apalagi jika ada awan putihnya. Indah sekali. Biasa diidentikkan dengan ketenangan, kelembutan,dll. Cocok untuk semua ruang terutama kamar tidur.

Warna Nila
Warna ini juga diramalkan jadi tren 2013. Warna yang mengandung biru dan ungu ini berkesan dingin dan tenang. Seperti langit di malam hari. Sangat cocok untuk kamar tidur dan ruang kerja yang memerlukan dukungan suasana tenang.

Warna Ungu
Warna yang feminin. Meskipun budaya masyarakat mengidentikkannya dengan warna “komunitas” tertentu, tapi tidak ada salahnya diaplikasikan pada rumah kita. Warna dengan gelombang pendek ini juga memberikan ketenangan, kesan spiritual yang dalam, kesunyian, dll. Cocok juga untuk kamar tidur.

Analisa yang diberikan di atas tidak bersifat mutlak. Silakan dikembangkan dan diterapkan sesuai selera masing-masing. Mengikuti tren juga ada sisi positifnya, apalagi kalau kebetulan warnanya adalah warna favorit kita, mengapa tidak?!

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: