Tetap Cantik Dengan Furnitur Minimalis Multifungsi

Penerapan konsep minimalis pada rumah bisa dilakukan pada eksterior rumah maupun pada interiornya.

Tulisan kali ini ingin berbagi ide aplikasi minimalis pada interior rumah secara teori ( karena ga pake photo, tapi bukan hoax n copas ya hehehe), hasil dari imajinasi sendiri dan kebanyakan sih terinspirasi ide lain misalnya dari situs -situs di internet. Di front page blog ada beberapa link yang bagus buat referensi.

Interior rumah meliputi arsitektur dan tata ruang, bahan, ornamen, furnitur, dsjnya yang digunakan membentuk satu kesatuan. Nah kita coba menggali ide dari segi furnitur yang bisa multifungsi tapi tetap memenuhi unsur estetis ( untuk unsur estetis ini sebaiknya berkreasi sendiri meskipun di pasaran lumayan banyak, karena relatif ).

Ini beberapa yang bisa menyatukan beberapa fungsi furnitur :

  • Sofa santai dengan rak buku
  • Idenya bisa berupa sebuah sofa yang prinsipnya seperti tempat tidur set yang memiliki satu tempat tidur lain di bawahnya yang bisa disetting “tarik-dorong” untuk merapikan. Jadi furnitur intinya bisa berupa sofa yang di bawahnya ada semacam locker atau bentuk apalah ya yang terlintas di pikiran, atau bisa juga furnitur intinya adalah sebuah rak atau bufet yang didesain memiliki sofa dorong-tarik
    di sisi tertentu sehingga lebih simple dan tidak memerlukan ruang yang lebih besar jika tidak sedang digunakan. Lebih asyik lagi kali ya kalau dilengkapi dengan roda, jadi bisa nomaden hehehe.

  • Meja Makan Lipat dengan “dinding”
  • Meja makan kan tidak setiap jam kita gunakan, maka untuk menghemat ruang meja makan ini bisa kita buat selain sebagai meja juga berfungsi sebagai “partisi semi-permanen” antara ruang tidur eh ruang makan dan dapur atau mungkin meja makan lipat ini pada bagian bawahnya atau yang terekspos saat tertutup bisa diberi sentuhan artistik berupa lukisan (jangan lukisan yang….). Jangan lupa memperhitungkan ukuran mejanya, jangan yang lebar menyamai ukuran dinding masif ya.

  • Meja Tamu dengan Almari
  • Bertamu terkadang ada yang waktunya singkat. Biasanya yang seperti ini disuguhi minuman yang tidak panas atau bisa soft drink saja ditambah kue kering. Nah untuk lebih “mempersingkat waktu” ( maksudnya waktu penyuguhan, bukan waktu berkunjung), maka idenya bisa membuat sebuah ruang tertutup kecil di bawah meja yang bisa menyimpan beberapa gelas, soft drink dan sebuah toples.

    Demikian beberapa idenya, silakan merancang sendiri sesuai kebutuhan.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: