Memanfaatkan Rasa Bosan

Ada beberapa naluri dasar manusia yang bisa menjadi acuan dalam membuat produk. Salah satu yang paling “luas jangkauannya” —–baik dia adalah seorang yang berkomitmen ataupun tidak, tau berterima kasih ataupun tidak, memiliki sosok idola ataupun tidak,—–adalah kebutuhan akan perubahan, perpindahan, pergerakan, variasi, dsj nya, yang lahir dari rasa bosan.

Rasa bosan ini berbeda-beda pada tiap orang atau tepatnya tiap karakter, dan akhirnya menjadi sebuah ciri kepribadian. Ada yang cepat bosan secara visual dan ada juga yang bosan secara “abstrak”( nilai ). Bahkan ada yang bagai air di daun talas🙂.

Jika dihubungkan dengan hasil/pilihan produk, maka secara umum karakter konsumen dapat dibagi menjadi :

  • Tipe visual
  • Tipe ini akan terpuaskan dengan perubahan atau variasi produk secara fisik. Sebagai contoh yang paling mudah dikenali jika produsen mengeluarkan produk gadget maka hal yang pertama kali menjadi perhatiannya dan menjadi penentu menjatuhkan pilihan adalah tampilan luar gadget tersebut tanpa terlalu mempertimbangkan fitur-fitur di dalamnya.
    Produk-produk yang paling diminati adalah yang fashionable tapi harga lebih cenderung murah, yang terpenting bisa sering mengganti-ganti produknya.

  • Tipe non-visual
  • Tipe ini haus akan perubahan nilai sebuah produk. Mereka tidak segan-segan mengeluarkan dananya untuk memenuhi kebutuhan akan variasi nilai, tanpa terlalu memperhatikan visual produk tersebut. Dan yang boleh dianggap sebagai bonus mungkin ya, produk-produk ini biasanya secara visual “ga jelek-jelek amat”, bahkan ada yang sangat premium.
    Tipe ini lebih mengutamakan manfaat suatu produk, lebih jangka panjang.

    “Oh ya kalau dalam tulisan ini ada istilah atau apa saja yang terasa kurang tepat, maklum aja ya bukan pakar bisnis, cuma pendapat pribadi”.

    Baca Juga :

    20121231-202102.jpg
  • Kiat Sederhana Merebut Hati Pelanggan
  • Menjalani Ketidakpastian Menuju Kepastian
  • Trik Memilih Bisnis
  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: