Untung Rugi Membeli Apartemen

Berinvestasi properti baik berupa tanah, rumah, ruko, hotel, kondominium, apartemen ,dll memiliki sisi kelebihan dan kekurangan, semuanya tergantung lokasi, kreatifitas, dan tujuan investasinya sendiri.

Komponen properti yang bernilai investasi adalah bumi/tanah dan bangunannya. Secara “relatif mutlak” komponen tanah lah yang memberikan nilai investasi terbesar dibanding nilai komponen bangunan yang mengalami penyusutan. Khusus untuk apartemen, tidak memiliki komponen tanah dan potensi perkembangannya di tiap kota berbeda.

Maka untuk Apartemen, perlu strategi khusus.

Dalam memilih atau membeli apartemen, pertama-tama tetapkan dulu tujuan investasinya. Apakah ingin ditempati sendiri atau hanya disewakan. Dan berapa lama kita ingin memilikinya untuk kemudian dijual kembali.

Setelah ada tujuannya, misalnya disewakan, selanjutnya pemilihan lokasi. Karena sifat apartemen ini eksklusif dibanding hunian sewa yang lain, maka lokasi benar-benar penting. Misalnya apakah lokasi dekat dengan perkantoran yang banyak ekspatriatnya, sekolah-sekolah internasional, pusat perbelanjaan,dll.

Setelah menemukan apartemen impian di lokasi yang diinginkan, maka usahakan mendapatkan lantai-lantai bawah. Karena sifat hunian vertikal itu semakin ke atas semakin menurun nilainya, meskipun saat pertama kali ditawarkan semakin tinggi letak lantainya biasanya lebih mahal dengan alasan view. Pilihan akhir kembali pada selera dan tujuan masing-masing.

Kalau kalah cepat, bagaimana? Coba alihkan dana investasinya untuk membeli yang landed house.
Untuk jangka panjang lebih menjanjikan karena kendali sepenuhnya di tangan pemilik, termasuk jika ingin melakukan renovasi.

Jadi keuntungan atau kelebihan membeli apartemen adalah nilai sewa lebih tinggi daripada landed house. Kerugiannya karena tidak memiliki tanah. Selain itu sistem sertifikatnya adalah HGB dengan NPP, yang mempengaruhi hak suara , karena sifatnya hunian yang vertikal itu.

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: