Trik Memilih Bisnis

Menentukan jenis usaha bagi pemula terkadang menghabiskan sebagian besar energi pikirannya. Bukan karena peluang kurang tapi sebaliknya ide di kepala seolah jadi atlit olimpiade lari yang rebutan ke garis finish.

Bagaimana sebaiknya? Sebenarnya tidak ada aturan bakunya karena setiap orang memiliki keinginan, keterampilan, bakat, dkk nya yang berbeda satu sama lain.

Tapi ada beberapa yang penulis rangkum dari berbagai sumber dan para praktisi yang mungkin bisa menjadi acuan dalam memilih satu jenis usaha di awal.

Pesan para praktisi bisnis yg paling penting setelah memulai bisnis adalah fokus dulu pada satu jenis usaha. Setelah sistem berjalan boleh diversifikasi. Kalau pengibaratannya serupa mencari pasangan hidup x ya, satu aja dulu baru stlh… boleh…🙂

Ya berikut cara-cara menjatuhkan satu pilihan awal dalam berbisnis bagi pemula :

  • Berdasarkan hobi

Biasanya ini lebih mudah karena pebisnisnya sudah lumayan menguasai medan terutama pangsa pasarnya karena sering memiliki komunitas tertentu dan waktu biasanya tersita oleh hobi jadi sambil menikmati hobi dapat duit juga.

  • Berdasarkan masalah diri sendiri dan orang terdekat di sekitar kita

Kata bijak mengatakan masalah berpasangan dengan solusinya, setiap penyakit ada obatnya. Jadi dalam masalah dan penyakit ada berbagai solusi yang bisa dijadikan peluang bisnis. Mengamati kemudian memenuhi kebutuhan diri sendiri dan sekitar.

  • Berdasarkan jenis usaha yang disukai lembaga keuangan dan pembiayaan

Ada jenis usaha tertentu yang disukai oleh lembaga perbankan untuk dikucuri kredit. Mengenali jenis usaha ini dan menjadikannya pilihan bukan berarti kita harus memulai bisnis dengan cara kredit, tapi belajar dari mereka melihat peluang bisnis yang lebih prospektif dan teruji oleh waktu.

Demikian untuk sementara teorinya:) silakan dikembangkan dan dipilih berdasarkan prinsip 3M , Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yang kecil dan Mulai saat ini. Selamat berbisnis dan on top of all adalah bisnis yang legal dan halal tayib🙂

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: