Tips Memilih Developer

Jika kita ingin membeli properti baik sebagai end-user maupun sebagai investor, selain lokasi, desain dan harga, reputasi developernya juga penting terutama properti dengan sistem penjualan indent.

Ada sebuah kata bijak mengatakan segala sesuatu ada percikannya. Nah percikan-percikan ini bisa membantu mengenali developer yang “liar”.

Percikan pertama, berdasarkan undang2 kita, pengembang itu adalah bentuk usaha berbadan hukum,maka tidak diperbolehkan “memiliki” tanah. Dengan demikian sertifikat tanah yang diterbitkan untuk dan atas nama sebuah developer atau sebuah perusahaan properti berbentuk HGB, bukan SHM.

Jadi jika langsung menjanjikan SHM dalam promosinya, kemungkinan besar pembebasan tanahnya perkavling kecil yg artinya belum memiliki sertifikat induk. Dan biasanya juga yg terjadi tanah tersebut malah belum legal karena mungkin ada beberapa pemilik tanah yg belum melepas kepemilikannya. Rawan sengketa di kemudian hari.

Percikan kedua, karena legalitas kepemilikan belum dimiliki, maka kemungkinan besar belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan IMB, dan izin2 lainnya. Rawan penggusuran. Cek izin2 nya.

Percikan ketiga, karena pertama dan kedua belum beres, maka kemungkinan besar masalah PLN dan PDAM juga demikian. Karena itu sering sekali kita dapati dan baca keluhan user belum mendapatkan listrik dan air bersih seperti yang dijanjikan. Coba cek ke PLN dan PDAM apakah nama pengembang tersebut sudah terdaftar sebagai pelanggannya.

Percikan keempat, PPJB nya tidak mencantumkan transparan hal ttg hak dan kewajiban beserta konsekuensinya bagi kedua pihak.

Percikan kelima, Ppengembang resmi terdaftar di induknya yaitu masuk sbg anggota REI. Biasanya yang “liar” belum / tidak terdaftar di wadah induk REI ini.

Ih kayakx ribet banget ya hehehe lebih baik ribet duluan kan daripada langsung mati kemudian.

Ya seperti bunyi kata bijak yg lain bahwa penyesalan itu diakhir kalo diawal namax pendaftaran.
Jadi mendingan daftar ribet aja dulu daripada menyesal di akhir. Betul khan ?

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: