Perlukah Mutasi Data Pada PBB

Biasanya setelah membeli properti dan masalah AJB maupun Sertifikat telah selesai, kita menganggap tidak ada lagi masalah administrasi yang harus dilakukan sampai ada transaksi berikutnya.

Yang paling sering terlewatkan adalah masalah perubahan data pada surat pajak properti tersebut. Alasannya bisa karena benar benar tidak paham atau lupa, atau juga menghindari pajak kepada satu nama saja. Jadi pada surat penagihan pajak untuk PBB properti baru kita masih tercatat atas nama pemilik sebelumnya.

Sebenarnya tidak ada masalah karena hal ini belum “diwajibkan” adanya perubahan (mutasi). Tapi akan menjadi masalah bagi kita dalam hal ini sebagai pembeli jika properti yang kita beli itu adalah hasil pemecahan sertifikat oleh penjualnya.

Contohnya, ada tanah dan bangunan seluas 5ha, tapi penjualnya melakukan pemecahan menjadi dua bagian, yang tidak disertai dengan pemecahan atau pemisahan data properti yang telah dibagi itu ke kantor pajak bagian PBB. Jadi PBB yang tetap berlaku adalah seluas 5 ha. Setelah pemecahan itu, kita membeli satu bagian dan juga tidak melakukan perubahan data pajaknya. Artinya properti yang kita beli itu di mata pajak luasnya adalah tetap 5ha dan atas nama penjualnya.

Masalah baru “ketahuan” setelah datang penagihan pajak yang begitu tinggi. Barulah kita melakukan “investigasi”. Yang artinya lagi perubahan baru bisa berlaku tahun berikutnya.

Jadi sebaiknya memang kita melakukan mutasi PBB karena toh sertifikat kita bersedia “mutasi” bahkan “ikhlas” heheh.

Caranya juga mudah, saat pembayaran pajak penghasilan dan BPHTB di kantor pajak bisa sekaligus mutasi PBB.

Ini berdasarkan pengalaman seseorang yang akhirnya baru menemukan akar masalahnya setelah sekian tahun membayarkan pajak orang lain.:-)

Posted via DraftCraft app

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: