Kelebihan-Kekurangan Membeli Rumah Seken

Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Demikian pula dalam hal jual beli rumah.

Jual beli rumah bisa dari rumah baru maupun rumah seken. Sekarang ini membeli rumah seken sudah sangat mudah, karena pihak banktidak hanya memfasilitasi pembelian rumah baru, tapi rumah seken pun bisa.

Artikel ini tidak membahas mengenai cara pembelian rumah, tapi kita akan mencoba “menyarikan” apa saja kelebihan dan kekurangan dari membeli rumah seken—dari berbagai sumber, berdasarkan teori maupun prakteknya.

👍 Kelebihannya:

✨Membeli kucing tanpa karung
Karena rumahnya sudah ada, maka pembeli akan memperoleh rumah sesuai dengan keinginan dan yangtelah diketahuinya.
Kalau rumah baru, biasanya masih dalam bentuk maket dan spesifikasinya bisa saja berubah tanpa konfirmasi lebih dahulu. Bahkan dari pengalaman beberapa user, ada yang setahun rumahnya belum ada progressnya. Hati-hati juga kali ya pilih pengembangnya. Meskipun ada juga pengembang yang menawarkan rumah baru siap huni, biasanya lebih mahal dibanding yang indent dengan karakter yang sama

✨Fasilitas Lengkap

Fasilitas listrik, air, dll sudah terpasang jadi pembeli bisa melihat langsung kondisinya. Biasanya rumah baru pemasangan listrik, misalnya, sering tidak atau lambat terealisasi. Dan karena tergolong pemasangan baru, maka dapatnya sistem listrik prabayar. Secara umum, pascabayar masih lebih sesuai dgn mayoritas user.

✨Lingkungan yang sudah terbentuk

Hal ini berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan lingkungan rumah kita. Rumah seken secara umum sudah terbaca kondisinya. Tingkat hunian pun sudah lumayan tinggi.

✨Dokumen yang sudah jadi
Secara teori, dokumen yang berhubungan dengan rumah baru yang kita beli dari pengembang biasanya sudah ada dan dijaminkan pada bank. Tapi secara kenyataannya, banyak keluhan yang disampaikan pembeli mengenai keterlambatan penerimaan dokumen misalnya sertifikat rumah yang sudah dilunasi. Alasannya dari BPN belum selesai.

Dalam hal ini kadang kita tidak bisa mengandalkan unsur kehati-hatian pihak perbankan semata. Tapi harus proaktif dari kita sendiri. Rumah seken biasanya unggul dlm hal dokumen.

👎Kekurangannya :

✨Dari Segi Model

Karena sudah jadi, maka kita tdk bisa mengubah bentuk dalam waktu singkat kecuali memiliki dana berlebih

✨Dari Segi Usia Bangunan
Secara struktural akan mempengaruhi kualitas bangunan, tapi sifatnya masih relatif. karena bangunan baru pun bukan jaminan berbanding lurus dengan kekuatan strukturnya.

Jadi singkatnya,
Kelebihan rumah seken karena kita dpt melihat wujudnya saat itu juga, jadi dapat lebih cepat memutuskan cocok dgn kita atau tidak. Jadi lebih bisa ‘ ini rumah gue banget kayaknya’. Unggul dlm hal dokumen. Misalnya sertifikat, sdh ada dari BPN.

Kekurangan rumah seken, terutama dari segi model dan usia bangunan. Tapi kalau ada dana lebih hal ini tentu bukan masalah.

Baca Juga :

20121231-202102.jpg
  • Desain Rumah Go Green Yang Aman, Cantik dan Sehat
  • Cara Aman Membeli Rumah Take Over
  • Modus Baru Penipuan Jual Beli Rumah
  • Tagged: , , ,

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: