Hal-hal Yang Mempengaruhi Harga Properti

Harga properti cenderung naik tapi pada kenyataannya, tidak semua mengalami kenaikan bahkan tidak sedikit yang mengalami kerugian. Meskipun termasuk salah satu kebutuhan pokok, bukan berarti semua investasi properti itu menguntungkan.

Ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi harga properti, diantaranya :

1. Perencanaan tata kota

Sepertinya inilah faktor yang sangat mempengaruhi developer dalam mengembangkan sebuah kawasan baik sebagai hunian maupun komersial. Karena itu para pengembang akan mencari informasi mengenai sebuah kawasan, apakah akan ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan bisnis, industri, pariwisata, pelabuhan, dll. Jika sebuah kawasan ditata sebagai pusat bisnis, misalnya, maka harga properti di daerah tersebut akan tinggi dan cenderung selalu naik karena tingginya permintaan.

2. Lokasi

Berkaitan dengan yang pertama, jika telah jelas peruntukan lahannya oleh pemerintah, maka akan terbentuk lokasi yang strategis atau tidak. Tingkat kedekatan dengan sentra bisnis biasanya yang paling tinggi harganya. Atau mungkin lokasinya terpadu.

3. Tingkat Suku Bunga

Jika suku bunga naik, maka permintaan properti cenderung turun sehingga harga properti juga turun. Sedangkan penurunan suku bunga biasanya meningkatkan permintaan properti sehingga harga naik.

4. Stabilitas keamanan dan kepastian hukum

Mirip-mirip dengan persyaratan investor asing hehehe. Jika keduanya berjalan baik, maka ekonomi juga bergairah. Daya beli meningkat.

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: