Hal-hal Yang Mempengaruhi Harga Emas

Agak sedikit berbeda dengan instrumen investasi lainnya semisal properti, emas memiliki parameter “khusus” yang membuatnya menjadi likuid.

Pada jaman nabi, emas ini menjadi alat tukar. Itu membuktikan bahwa sifatnya likuid atau tunai. Karena sifatnya ini maka emas bisa kita jadikan sebagai “tameng” atau penyeimbang dalam portofolio investasi kita, pinjam istilah pakar keuangan “save heaven”, jadi melindungi aset dengan menyeimbangkannya.

Hal-hal apa saja yang mempengaruhi harganya? Berikut beberapa di antaranya :

  • Stabilitas keamanan dan Kepastian hukum

Sepintas terlihat sama dengan persyaratan pertumbuhan ekonomi yang mempengaruhi investasi ya. Jika investasi properti dan komoditas lain akan meningkat jika syarat keamanan dan perangkat peraturan terpenuhi, maka harga emas justru akan meningkat jika terjadi gangguan keamanan dan ketidakpastian aturan tersebut. Cara kerja terbalik.

  • Harga minyak dunia naik

Emas ini menyerupai karakter minyak dunia, jika harganya naik maka emas naik, jika turun biasanya turun, tapi uniknya secara praktis turunnya tidak pernah drastis, meskipun harga minyak turun drastis.

  • Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar
  • Musim Pernikahan

Karena emas juga perhiasan, maka dipengaruhi oleh sebuah musim yang pasti selalu ada dan tidak mengikuti jadwal musim cuaca. Terutama mengacu pada negara India dan China.

Ada beberapa negara yang dalam sepanjang tahun memilih satu waktu sebagai musim pernikahan warganya. Kalau di Indonesia mungkin tidak terlalu mempermasalahkan, artinya sepanjang tahun. Nah dengan demikian kenaikan harga emas yang berkaitan dengan musim ini bersifat kontinyu, karena ada terus🙂.

  • Musim Bayar Utang Alias Jatuh Tempo Utang

Biasanya ada perusahaan yang melepas emasnya ke pasaran untuk memperoleh dana segera.

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: