“Gorengan” Nikmat Membawa Sengsara

Biasanya makanan gorengan itu disukai semua generasi. Dengan kandungan lemaknya, maka jadilah cemilan sejuta umat yang tidak membosankan meskipun didakwa tidak sehat.

Selain makanan, ada juga jenis gorengan yang tak kalah nikmat di awal tapi sering menyusahkan dalam perjalanan hingga ke tujuan. Apakah itu?

Ya dialah gorengan dari kertas yang berjudul rekening. Untuk layak mendapatkan kucuran kredit dari lembaga keuangan, semisal bank banyak yang melakukan tindakan menggoreng rekening. Dibuat seolah2 memenuhi syarat kredit.

Memang tak jarang yang berhasii. Tapi karena awalnya sudah ada kebohongan, maka dalam mencapai titik akhir kreditnya terpaksalah dilahirkan kebohongan lain yang membuat sulit mencapai akhir yang menyenangkan dan menenangkan.

Di mata pemberi kredit, kredibilitas sudah cacat. Ada beberapa yang memang cukup cepat menyadari dan berniat sungguh2 untuk melunasi kreditnya dan berhasil mengurai benang kusutnya. Hanya yang sangat merepotkan adalah dampaknya pada sistem catatan perbankan yang kita kenal dengan Sistem Informasi Debitur di Bank Indonesia.

Kenapa merepotkan? Karena staf di bagian tersebut bukanlah orang yang berjiwa sosial dan berbaik hati mengambil inisiatif untuk menghapus tanda blacklist pada database BI. Yang ada, meskipun masalah telah selesai dgn bank pemberi kredit dan bahkan telah diterbitkan pula bukti penyelesaian (mungkin), tapi tetap saja di sistem BI belum terupdate. Alhasil untuk kredit2 berikutnya tetap saja harus mengulang penjelasan lama yang sama. Cape khan?.

Jadi mungkin yang terbaik adalah menghindari dari awal niat kurang baik seperti itu, biar tetap lancar sampai finish.

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: