Emas Juga Danai Tunai ( Likuid )

Salah satu jenis investasi yang termasuk mudah untuk dijalankan adalah investasi emas. Siapapun bisa melakukannya, baik yang mengerti banyak hal ttg emas maupun yang hanya sekedar tau apa itu emas🙂

Pertambahan nilai emas bisa diperoleh dari selisih harga beli-jualnya dan penyimpanannya utk jangka waktu tertentu karena tidak terpengaruh inflasi. Perolehan keuntungan investasi emas memang tidak sebesar dan secepat saham, tapi lumayan stabil cenderung naik. Selain itu, fisiknya dapat kita pegang sehingga bisa kita kelola sesuai keinginan sendiri.

Karena investasi emas ini dalam bentuk fisik, maka perlu tempat penyimpanan yang mungkin kurang aman kalau disimpan di rumah. Selain kurang aman, emasnya juga “tidak bergerak”.
Padahal selain sebagai investasi, emas ini juga bisa jadi modal tunai bagi kita. Jadi jangka pendek,menengah dan panjang, semua cocok. Dengan menggabungkan dua sifat ini, maka kita bisa memperoleh dana tunai tanpa harus kehilangan emasnya.

Caranya? Cukup mudah tanpa birokrasi yang bertele-tele. Hanya perlu KTP dan emasnya. Terus datang ke tempat yang mau mengakomodir sifat investasi emas tersebut. Salah satunya adalah Pegadaian (salah satu BUMN), yang tag line nya mengatasi masalah tanpa masalah heheh, bagus juga ya… titipkan di tempat tersebut. Dan kita akan menerima surat bukti gadai dan uang tunai setelah menyelesaikan administrasinya. Salah dua kelebihan pegadaian ini karena tidak perlu buka rekening dan adanya asuransi, jadi jika terjadi hal yang tak terduga di pegadaian tsb, maka emas kita dijamin asuransi.

Sedikit tips, sebaiknya untuk investasi pilih emas batangan karena selain ukurannya beragam, juga pembeliannya tidak kena pajak.Apalagi kalau jual belinya hanya taraf nasional saja. Dinar juga bisa jadi pilihan. Kedua bentuk emas ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal disesuaikan saja dengan kondisi dan tujuan investasinya.

Kalau emasnya jenis perhiasan, memang sih bisa buat “berhias” tapi kalau terjadi sesuatu di Pegadaian nya, harga emas kita akan diganti tapi “modelnya” tidak mungkin terganti apalagi kalau emas tsb memiliki nilai historis.

Dan namanya juga investasi pasti memerlukan waktu untuk menuai hasilnya. Biasanya minimal dua atau tiga tahun sudah mulai keliatan.

Nah berarti ga usah pusing dong mikirin tempat penyimpanannya. Emas kita tetap “ada/ dimiliki”, uang tunainya juga dapet deh…

Oh ya, yang tak kalah pentingnya adalah berdoa agar peraturan pemerintah yang berkaitan dengan “tempat penitipan” senantiasa kondusif bagi investasi kita heheh.

Posted via DraftCraft app

20121107-105249.jpg

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: