Cara Aman Membeli Rumah Take Over Kredit

Selain membeli langsung ke developer, biasanya orang sering jual beli rumah dengan cara oper kredit. Cara ini tidak ada salahnya. Hanya ada satu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan. Apakah itu?

Artikel ini terinspirasi dari kisah nyata dari seseorang yang membeli rumah dengan cara take over kredit tapi berakhir dengan kisah yang “menyedihkan”. Langsung saja ya ke intinya.

Setelah seseorang ini menemukan rumah impian yang dirasanya cocok, maka dilaksanakanlah sistem take over itu. Tapi sayangnya, karena mengejar kemudahan maka pengambil-alihan ini hanya antara kedua pihak tanpa melibatkan atau memberitahu pihak bank yang mengucurkan kredit.

Singkat cerita, si pembeli pun dengan “disiplin” nya selalu membayar angsuran tersisa dari rumah tersebut. Setelah mendekati masa kredit berakhir,ternyata tanpa sepengetahuannya,si penjual melakukan pelunasan dan “menebus” sertifikat ” rumah tersebut, yang memang masih tercatat atas namanya karena belum pernah dilakukan balik nama secara resmi di hadapan pihak bank.

Alhasil,si pembeli kehilangan rumahnya dan sulit “melacak” jejak si penjual pertama karena telah beberapa kali pengalihan hak.

Memang sebenarnya negara kita negara hukum, tapi untuk hal-hal seperti ini mungkin sebaiknya “menghindari daripada mengobati” , karena butuh banyak pengorbanan terutama waktu.

Jadi yang paling krusial dalam hal ini adalah ” lakukanlah mutasi atau balik nama saat take over di hadapan bank pemberi kredit agar data-data kredit terbarukan/pemutakhiran data meskipun biasanya hal ini agak lama dibanding tidak resmi, mengingat panjangnya jangka kredit yang bisa menimbulkan “banyak kemungkinan kejadian” dalam “perjalanannya” :-).

Posted via DraftCraft app

About these ads

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: